Pengaruh Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Di Panti Asuhan

Rohmah, Nur and , Dr. Nisa Rachmah N.A., M.Si, Psi and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2013) Pengaruh Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Di Panti Asuhan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (216kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap penurunan kecemasan sosial remaja di panti asuhan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada penurunan kecemasan sosial yang signifikan pada remaja panti asuhan setelah mendapatkan pelatihan keterampilan sosial Subjek penelitian ini sebanyak 18 orang remaja panti asuhan yang memiliki skor kecemasan sosial kategori sedang dan tinggi berusia 12-20 tahun. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, 9 orang masuk kelompok eksperimen dan 9 orang masuk kelompok kontrol dengan teknik random. Untuk menguji apakah ada penurunan tingkat kecemasan sosial setelah diberikan pelatihan keterampilan sosial maka digunakan rancangan eksperimen the untreated control group design with pretest and posttest. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji mann whitney test dan hasilnya adalah Z= -1.723 dengan taraf signifikansi 0.0430. Artinya yaitu menunjukkan perbedaan skor kecemasan sosial yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelompok eksperimen lebih rendah skor kecemasan sosialnya setelah pelatihan dibanding dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat menurunkan kecemasan sosial pada remaja di panti asuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan keterampilan Sosial, Kecemasan Sosial, Remaja Panti Asuhan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2014 12:21
Last Modified: 26 Oct 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27573

Actions (login required)

View Item View Item