Kurniasasri, Dyah and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Pelatihan Efikasi Diri untuk MeningkatanKegigihan Mengajar Pada Guru SLB-E. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_Dyah.pdf Download (634kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1__Dyah.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2_Dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3_Dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4_Dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5_Dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Dyah.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Dyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap kegigihan mengajar pada guru SLB-E. Hipotesis yang diajukan: pelatihan efikasi diri dapat meningkatkan kegigihan mengajar guru SLB-E. Subjek penelitian yaitu staf pengajar atau guru SLB E Bhina Putera Surakarta, kelompok eksperimen 11 orang, dan kelompok kontrol juga 11 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala kegigihan mengajar, intervensi menggunakan pelatihan efikasi diri.Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dan wilcoxon rank test. Hasil analisis saat pretest diperoleh nilai t = 2,040; sig 0,055 (p > 0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saat posttest diperoleh nilai t = 2,286; sig 0,33 (p < 0,05). Menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat pretest. Pada saat follow up diperoleh nilai t = 2,106; sig 0,048 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat follow up. Kelompok eksperimen memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelatihan efikasi diri, kegigihan mengajar, SLBE Bhina Putera |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 06 Feb 2014 11:59 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27571 |
Actions (login required)
View Item |