Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dimediasi Budaya Organisasi (Studi pada BBRSBD PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA)

SUSILOWATI, Setiyani Budi and , Prof. Dr. H.M. Wahyuddin, M.S. and -, Drs. Syamsudin, M.M. (2013) Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dimediasi Budaya Organisasi (Studi pada BBRSBD PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, menganalisis komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, menganalisis budaya organisasi berpengaruh terhadap hubungan antara perilaku kepemimpinan dan kepuasan kerja, menganalisis budaya organisasi memoderasi hubungan komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai BBRSBD Prof. Dr. Suharso Surakarta, dan besarnya populasi adalah sebesar 201 pegawai. Dalam penelitian ini diambil sampel sejumlah 134 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan perilaku kepemimpinan berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja. Komitmen organisasi berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja. Budaya organisasi tidak memoderasi pengaruh perilaku kepemimpinan pada kepuasan kerja secara negatif dan signifikan. Budaya organisasi memoderasi pengaruh komitmen organisasi pada kepuasan kerja secara positif dan signifikan. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung untuk sebesar 86,751, dan F tabel (2; 147) sebesar 3,00, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku kepemimpinan (PK), komitmen organisasi (KO) secara bersamasama terhadap kepuasan kerja (KK). Uji koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil uji regresi diketahui bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,570, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variable perilaku kepemimpinan (PK), komitmen organisasi (KO) berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 57%. Sedangkan sisanya sebesar 34% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kepemimpinan, Komitmen organisisasi, Kepuasan kerja, Budaya organisasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Feb 2014 11:40
Last Modified: 20 Oct 2021 01:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27568

Actions (login required)

View Item View Item