Setyawan, Heri and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2013) Pengelolaan Sekolah Berbasis Program Go Green School (Studi Situs SMK Wikrama Bogor). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (798kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan_Tesis_PDF.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_1.pdf Download (355kB) |
|
PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Lampiran)
Kumpulan_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik: 1)Kurikulum hijau, 2) Pendidikan komunitas atau partisipatif, 3) Sistem pendukungan sekolah berbasis Program GGS di SMK Wikrama Bogor. Jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian SMK Wikrama Bogor, Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi terus terang atau tersamar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis induktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data dengan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, penggunaan bahan referansi, dan membercheck. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum hijau telah sesuai dengan ketentuan yang ada. PLH terintegrasi ke semua mata pelajaran dengan memasukkan issue lokal maupun global dan PLH disajikan secara monolik sebagai mata pelajaran muatan lokal, metode pembelajaran dikembangkan berbasis potensi setempat dan variatif, adanya pemanfaatan sumber belajar lain dan implementasi pembelajaran lingkungan hidup ke dalam aksi nyata. (2) Implementasi pendidikan komunitas telah berjalan dengan baik sesuai ketentuan yang ada. Sekolah berperan aktif dalam mengikuti dan mengadakan berbagai kegiatan lingkungan hidup yang melibatkan masyarakat dan berbagai kerjasama yang dilaksanakan dengan stakeholder. (3) Implementasi sistem pendukungan sekolah yang ramah lingkungan telah berjalan dengan optimal. Adanya ketersediaan sarana pendukung yang variatif, kreatif dan memiliki nilai guna yang tinggi berbasis kearifan lokal dan keterlibatan semua pihak dengan pengoptimalan peran siswa dalam peningkatan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pendidikan, lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 13:00 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27519 |
Actions (login required)
View Item |