Purwaningsih, Nita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Pada Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Pengembangan Pada Sekolah Dasar di Kota Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_publikasi_ilmiah.pdf Download (990kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Cover_Tesis,_dll.pdf Download (790kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (472kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika kontekstual pada sekolah inklusi. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui: pembelajaran matematika yang terjadi pada sekola dasar inklusi, desain dan implementasi pengembangan pembelajaran matematika kontekstual yang sesuai diterapkan pada sekolah dasar inklusi. Metode Penelitian menggunakan Research and Development. Peneliti melaksanakan dua tahapan proses penelitian dan pengembangan: (1) studi pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan, dan penyusunan draf awal produk, (2) uji coba terbatas dan uji coba coba lebih luas. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD di Kota Wonogiri. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, studi literatur, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data dengan pengamatan berulang pada pembelajaran matematika kontekstual; diskusi terfokus dengan guru, kepala sekolah dan guru pendamping ABK; triangulasi dengan guru dan kepala sekolah dan guru pendamping ABK untuk menjamin keabsahan data uji coba luas Hasil penelitian, Berkaitan proses pembelajaran yang terjadi selama ini di keempat sekolah Dasar : sekolah inklusi tidak memiliki fasilitas belajar khusus bagi ABK, sekolah tidak memiliki guru berkualifikasi pengajar ABK, guru menggunakan metode ceramah, guru mendominasi kegiatan pembelajaran, siswa pasif selama proses belajar, tidak ada bimbingan khusus bagi ABK. Desain pembelajaran matematika kontekstual terdiri dari RPP, implementasi dan penilaian autentik matematika kontekstual. Guru mengimplementasikan pembelajaran matematika kontekstual secara sistematis. Evaluasi proses melalui unjuk kerja dan sikap afektif menunjukkan peningkatan selama uji coba terbatas maupun uji coba luas. Pembelajaran Matematika Kontekstual dengan PBL lebih efektif dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL); sekolah inklusi, kebutuhan khusus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 12:35 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27515 |
Actions (login required)
View Item |