Analisis Harmonik Dan Perancangan High Pass Damped Filter Pada Sistem Distribusi Standar Ieee 13 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0

Widodo, Agus and , Agus Supardi, S.T., M.T and , Hasyim Asy’ari, S.T., M.T. (2013) Analisis Harmonik Dan Perancangan High Pass Damped Filter Pada Sistem Distribusi Standar Ieee 13 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 7.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf

Download (715kB)

Abstract

Harmonik merupakan suatu fenomena dalam sistem distribusi yang memiliki dampak merugikan pada peralatan komponen sistem distribusi. Harmonik ialah suatu fenomena pembentukan gelombang-gelombang dengan frekuensi berbeda yang merupakan perkalian bilangan bulat dengan frekuensi dasarnya, gelombang tersebut kemudian menumpang pada gelombang aslinya sehingga terbentuk gelombang cacat yang merupakan jumlah gelombang murni dengan gelombang harmoniknya. Harmonik disebabkan oleh adanya pengoperasian peralatan yang mengandung kopmonen elektronika atau elektroika daya dan peralatan yang mempunyai kejenuhan inti besi seperti mesin-mesin listrik. Harmonik memiliki banyak kerugian, salah satunya ialah penambahan panas berlebih terhadap kawat netral sebagai bentuk rugi-rugi daya yang berubah menjadi panas. Dan masih banyak lagi yang lainya. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis harmonik dan perancangan high pass damped filter pada sistem distribusi standard IEEE 13 bus dengan menggunakan software ETAP Power Station 7.0. Penelitian dimulai dengan membuat model sistem distribusi standard IEEE 13 bus dengan menggunakan ETAP Power Station 7.0. Data-data sistem yang diperlukan kemudian dimasukkan ke dalam model tersebut. Setelah modelnya lengkap kemudian dilakukan simulasi aliran daya untuk mengetahui apakah model yang dibuat sudah sempurna atau belum. Kemudian penambahan beban nonlinier pada sistem tersebut. Setelah itu dilakukan simulasi harmonik untuk mengetahui nilai THD apakah sudah diatas standard IEEE. Setelah itu merancang high pass damped filter dan memasukan parameter filter pada ETAP Power Station 7.0 untuk simulasi. Hasil simulasi harmonik setelah penambahan high pass damped filter diamati dan data-datanya kemudian dianalisis. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan adanya pemasangan high pass damped filter nilai THD menjadi turun di bawah standard IEEE. Besarnya nilai THD di tentukan dari jenis beban nonlinier dan kapasitas daya beban nonlinier, dan merancang filter di sesuaikan dengan nilai THD yang ditimbulkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harmonik, filter pasif, high pass damped filter
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2014 11:58
Last Modified: 07 Nov 2021 12:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item View Item