Analisis Harmonik Dan Perancangan Single Tuned Filter Pada Sistem Distribusi Standar Ieee 18 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 4.0

Alfama, Novix Jefri and , Agus Supardi, S.T., M.T and , Hasyim Asy’ari, S.T., M.T. (2013) Analisis Harmonik Dan Perancangan Single Tuned Filter Pada Sistem Distribusi Standar Ieee 18 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 4.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._bab_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4._bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
5._bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab V)
7._bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasangan beban nonlinier pada sistem distribusi dapat menimbulkan permasalahan yang dapat menurunkan kualitas daya listrik, masalah tersebut adalah harmonik. Keberadaan harmonik akan mempengaruhi kinerja komponen pada sistem distribusi tenaga listrik bahkan terjadinya kerusakan pada komponen tersebut. Salah satu dampak dari harmonik adalah adanya tambahan rugi-rugi pada penghantar berupa panas yang dapat menimbulkan gagalnya sebuah sistem isolasi pada level tertentu maupun panas berlebih pada kawat netral dan transformator. Untuk mengurangi distorsi harmonik maka diperlukan perancangan dan pemasangan filter harmonik. Salah satu jenis filter yang dapat digunakan adalah filter pasif jenis single tuned filter yang merupakan metode penyelesaian yang efektif dan ekonomis untuk mengalihkan arus harmonik yang tidak diinginkan dalam sistem distribusi tenaga listrik. Dalam penelitian ini dilakukan analisis harmonik dan perancangan single tuned filter pada sistem distribusi standard IEEE 18 bus dengan cara melakukan simulasi menggunakan software ETAP Power Station. Penelitian dimulai dengan membuat model sistem distribusi dan memasukkan data-data parameter sistem ke dalam model tersebut. Setelah itu dilakukan simulasi aliran daya untuk mengamati nilai dan arah aliran daya, simulasi analisis harmonik tanpa beban nonlinier dan dengan menambahkan beban nonlinier, merancang single tuned filter, dan pemasangan single tuned filter pada sistem distribusi untuk mengurangi distorsi harmonik. Dari hasil simulasi harmonik akan diketahui pengaruh dari pemasangan beban nonlinier dan single tuned filter pada sistem distribusi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan adanya pemasangan beban nonlinier pada sistem distribusi mengakibatkan nilai Total armonic Distortion tegangan pada bus yang dekat dengan sumber harmonik mengalami kenaikan berkisar antara 7.88 % sampai 8.21 % dan meningkatnya rugi-rugi daya nyata sebesar 17.6 kW. Setelah dilakukan perancangan dan pemasangan single tuned filter maka nilai Total Harmonic Distortion tegangan mengalami penurunan berkisar antara 3.29 % sampai 4.54 % sehingga sesuai dengan batas standar distorsi harmonik dan mengurangi rugi-rugi daya nyata sebesar 17.6 kW pada sistem distribusi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis harmonik, single tuned filter, sistem distribusi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2014 11:37
Last Modified: 07 Nov 2021 12:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item