Kompetensi Profesional Guru Bersertifikat Pendidik Di SMP Negeri 4 Tulakan Kabupaten Pacitan

Handayani , Tri (2013) Kompetensi Profesional Guru Bersertifikat Pendidik Di SMP Negeri 4 Tulakan Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Pengakuan kompetensi profesional guru tidak hanya diwujudkan dalam bentuk kepemilikan selembar sertifikat mengajar tetapi lebih kepada bagaimana seorang guru meningkatkan kemampuannya dalam menguasai bahan ajar yang diampunya serta kemauannya untuk melakukan tindakan reflektif demi perbaikan pembelajarannya. Pengakuan sebagai agen pembelajaran melalui sepotong penghargaan berupa sertifikat pendidik telah membuat arogansi sendiri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru pendidik bersertifikat di SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini meliputi data : hasil observasi, hasil angket, hasil wawancara dan dokumentasi. Cara pengambilan data yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara, sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan model triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 4 Tulakan Kabupaten Pacitan dalam mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif masih perlu ditingkatkan dimana masih ditemui keikutsertaan guru dalam kegiatan forum MGMP yang masih kurang optimal, selain itu guru memiliki kelemahan dalam penulisan karya ilmiah dan melaksanakan penelitian pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, profesional, sertifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 12:36
Last Modified: 27 Oct 2021 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27501

Actions (login required)

View Item View Item