Hastuti, Sri and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Analisis Kepemimpinan Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Gemolong. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ciri-ciri pengelolaan kurikulum di SMP N 1 Gemolong, 2) Ciri-ciri pengelolaan pembelajaran di SMP N 1 Gemolong, 3) Ciri-ciri pengelolaan kelas di SMP N 1 Gemolong Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif yang dapat digunakan untuk mengungkap dan memahami sesuatu di balik fenomena yang sedikit pun belum diketahui. Metode ini juga digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang sesuatu yang baru sedikit diketahui. Metode kualitatif memberi rincian yang kompleks tentang fenomena yang sulit diungkapkan oleh metode kuantitatif. Dengan mengambil informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta 7 orang guru mapel 1 orang pegawai perpustakaan sekolah. Proses dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sajian data, sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut bahwa Sekolah SMP Negeri 1 Gemolong telah memiliki gambaran tentang apa yang dimaksud dengan kepemimpinan pembelajaran tersirat dari adanya penyusunan kurikulum yang disusun secara bersama-sama antara pihak sekolah dan dinas dan dinamakan kurikulum SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Pengelolaan pembelajaran seharusnya berpusat kepada siswa (student centre). Pembelajaran ini menekankan pada keaktifan belajar siswa, bukan pada keaktifan belajar siswa, bukan pada keaktifan mengajar guru. Oleh karena itu, cara-cara belajar siswa aktif seperti active learning, cooperative learning, dan quantum learning perlu diterapkan. Pengelolaan kelas di SMP Negeri 1 Gemolong Sragen telah terlaksana dengan adanya pelaksanaan pengelolaan kelas yang kondusif. Hal tersebut diketahui dari informasi yang diperoleh penulis dari kepala sekolah maupun guru-guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, pembelajaran, kelas, kurikulum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2014 12:09 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27498 |
Actions (login required)
View Item |