Astuti, Wiji and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9._Naskah_publikasi.pdf Download (343kB) |
|
|
PDF (halaman Depan)
1._Halaman_depan.pdf Download (538kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
3._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
4._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab V)
6._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_pustaka.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual yang dilakukan dalam tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Adapun teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada pra siklus yaitu 51,5 yang diperoleh dengan penggunaan metode ceramah; termasuk kategori kurang berminat. Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 52,8dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual; sedangkan nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 63,5 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 77,4 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontektual dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar Matematika pada kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendekatan pembelajaran kontekstual dan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 12:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27486 |
Actions (login required)
View Item |