Linuwih, Pangastuti and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum and , Dr. Phil. Dewi Candraningrum, M.Ed. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Laboratorium Di SMP Negeri 6 Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tata ruang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Laboratorium, (2) materi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Laboratorium, (3) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Laboratorium, dan (4) monitor dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Laboratorium. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa, dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini (1) Tata ruang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis laboratorium di buat dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Suasana nyaman diciptakan dengan pemasangan Air Conditioner (AC) dan sound system di bagian sudut atas ruangan. Meja kursi di atur dengan formasi huruf U dan disetiap meja sudah dilengkapi dengan headset untuk pembelajaran listening. Layar monitor terpasang di depan kelas, dinding ruangan bercat warna putih yang memberikan kesan bersih dan luas. (2) Materi pembelajaran bahasa Inggris berbasis laboratorium terdiri materi speaking dan listening. Materi story telling atau menceritakan kembali merupakan materi yang diangap sulit. Penyampaian materi dilakukan melalui metode demonstrasi dan berbagai media seperti film, LCD, dan juga tape recorder. Native speaker sebagai sumber belajar seperti dosen dari UNS, UNY, dan UNNES. (3) Guru dan siswa aktif dalam melakukan pembelajaran bahasa Inggris berbasis laboratorium. Guru mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan memberian motivasi diberikan guru dalam bentuk pembinaan, pemberian reward dan punishment. Melalui penggabungan berbagai metode guru mampu mengaktifkan siswa seperti melakukan aktivitas listening, speaking, diskusi, dan debat. Siswa diberikan kesempatan untuk berkompetisi melalui kegiatan reading a loud dan juga story telling. (4) Monitoring dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis laboratorium dilakukan selama proses pembelajaran. Guru memonitor setiap perkembangan siswa. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam bentuk tes tertulis, lisan, dan praktik untuk mengetahui keterampilan listening dan speaking siswa. Siswa berprestasi mendapatkan reward dan mengikuti program pengayaan. Sebaliknya siswa belum mencapai nilai KKM akan mendapat teguran dan masuk dalam program remedial.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, bahasa inggris, laboratorium |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2014 11:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27441 |
Actions (login required)
View Item |