Analisis Resepsi Penonton terhadap Kenakalan remaja pada Film Putih Abu-abu dan Sepatu Kets, Program studi Ilmu Komunikasi, broadcast and Cinema

Wardani, Vivit Ayu Kusuma and , Fajar Junaedi, M.Si and -, Rina Sari Kusuma, M.I.Kom (2013) Analisis Resepsi Penonton terhadap Kenakalan remaja pada Film Putih Abu-abu dan Sepatu Kets, Program studi Ilmu Komunikasi, broadcast and Cinema. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Putih abu-abu dan Sepatu Kets adalah sebuah film yang menceritakan bagaimana kenakalan remaja, dengan setting di ibu kota Jakarta. Film ini menggambarkan kehidupan anak SMA yang melakukan kenakalan seperti misalnya membolos, terlambat datang sekolah, hingga berpacaran dan hampir masuk kedalam ranah pergaulan bebas. Seperti misalnya melakukan ciuman di sekolahan, didalam kamar, hingga ada adegan dimana tokoh dalam film tersebut mengajak ceweknya untuk check in di hotel. Hal ini karena pengaruh dari keluarga yang broken home maupun karena rasa penasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resepsi penonton remaja terhadap adegan-adegan kenakalan remaja pada film tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis resepsi. Analisis resepsi adalah sebuah metode yang membandingkan antara analisi tekstual wacana media dan wacana khalayak, yang hasil interpretasinya merujuk pada konteks, seperti cultural setting dan konteks isi atas media lain. Penonton mengatakan bahwa realitas kehidupan remaja sekarang ini hampir sama dengan apa yang disajikan didalam film tersebut. Namun para informan tidak menyetujui adegan-adegan dalam film tersebut, karena menurut mereka hal tersebut tidak sesuai dengan etika seorang pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan dapat dikelompokkan dalam posisi decoding khalayak menurut Stuart Hall (posisi dominan hegemonik, negotiated, dan oppositional). Namun secara keseluruhan informan berada pada posisi oppositional, dimana para informan tidak setuju/menolak dengan adegan kenakalan remaja yang ada dalam film Putih Abu-abu dan Sepatu Kets. Hanya ada beberapa informan yang menunjukkan pada posisi negotiated.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Kenakalan Remaja, Putih Abu-abu dan Sepatu Kets
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 12:02
Last Modified: 22 Oct 2021 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27359

Actions (login required)

View Item View Item