Maryati, Dewi and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2013) Evaluasi Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wilayah Kota Salatiga Tahun 2011 Sesuai Perundangan Yang Berlaku. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (477kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (518kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keputusan Menteri Kesehatan Tahun 2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di apotek, menetapkan bahwa semua tenaga kefarmasian dalam melaksanakan tugas profesinya di apotek agar mengacu pada standar tersebut. Standar Pelayanan Kefarmasian ini dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari pelayanan yang tidak professional, melindungi farmasis dari tuntutan masyarakat yang tidak wajar, sebagai pedoman dalam pengawasan praktek tenaga farmasi dan untuk pembinaan serta meningkatkan mutu pelayanan farmasi di apotek. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi standar pelayanan kefarmasian di apotek wilayah Kota Salatiga Tahun 2011 mengacu pada Standar Pelayanan Kefarmasian apotek menurut Keputusan Menteri Kesehatan No.1027 tahun 2004. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara mengunjungi apotek di Kota Salatiga untuk mengisi kuesioner. Kuesioner disebarkan ke 16 Apoteker Pengelola Apotek (APA), yang mencakup aspek pengelolaan sumber daya dan pelayanan. Penelitian ini dilakukan di apotek-apotek yang berada di Kota Salatiga Tahun 2011. Berdasarkan hasil penelitian ini di ketahui bahwa yang telah memenuhi standar dari aspek pengelolaan perbekalan, sumber daya dan ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana sebanyak 16 apotek masuk dalam kategori baik. Sedangkan dari aspek pelayanan resep, promosi dan edukasi masuk dalam kategori baik hanya sebanyak 3 apotek, dengan nilai rata-rata untuk pelayanan resep 16 apotek adalah 71,15%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Apoteker, Standar Pelayanan Kefarmasian. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 11:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27306 |
Actions (login required)
View Item |