Analisis Deviasi Pemanfaatan Ruang Aktual Terhadap Rencana Detil Tata Ruang Kota (RDTRK) Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun 2009-2018

Fitriani, Fitriani (2013) Analisis Deviasi Pemanfaatan Ruang Aktual Terhadap Rencana Detil Tata Ruang Kota (RDTRK) Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun 2009-2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (680kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman merupakan daerah kajian dalam penelitian ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan Kecamatan Ngaglik tahun 2008 sampai 2013 dan kecenderungan pola arah perubahan pemanfaatan ruang di Kecamatan Ngaglik,mengetahui kesesuaian dari pemanfaatan ruang aktual terhadap Rencana Pola Pemanfaatan Ruang Kecamatan Ngaglik Tahun 2009-2018, dan mengetahui variasi penyimpangan (deviasi) pemanfaatan ruang dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap variasi jenis deviasi pemanfaatan ruang di Kecamatan Ngaglik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah cek lapangan (survey) dan analisa data sekunder dari instansi terkait. Cek lapangan dilakukan untuk mencocokan antara data pemanfaatan ruang hasil interpretasi Citra Quickbird yang ada dengan keadaan sebenarnya dilapangan beserta dokumentasi bentuk pemanfaatan ruang di lapangan, sehingga dapat digunakan untuk uji akurasi/ketelitian interpretasi citra Quickbird tahun 2010. serta untuk membatasi pemanfaatan ruang aktual dan perubahannya. Metode analisis perkembangangan Kecamatan Ngaglik pada tahun 2008 sampai 2013 dan penentuan kesesuaian pemanfaatan ruang dan variasi jenis deviasi pemanfaatan ruang dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan analisis overlay dengan bantuan Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasil dari penelitian ini adalah perkembangan Kecamatan Ngaglik tahun 2008-2013, pada umumnya konversi dari lahan pertanian menjadi non pertanian seperti pemukiman sebesar 219,962 Ha, kriteria sesuai mendominasi Kecamatan Ngaglik sebesar 3594,591 Ha atau 92,276%, jenis deviasi terbesar ditunjukan dengan rencana untuk kebun campuran menjadi pemukiman yaitu seluas 137,446 Ha atau 49,397% dari luas seluruh deviasi pemanfaatan ruang di Kecamatan Ngaglik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deviasi, Pemanfaatan Ruang, RDTRK (Rencana Detil Tata Ruang Kota), Kesesuaian, Kecamatan Ngaglik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:03
Last Modified: 23 Dec 2013 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item