Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Penggunaan Masker Pada Pekerja Funiture Di Sukoharjo

Haryono, Rachmad and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Faizah Betty R., A., S.Kep ., M.Kes (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Penggunaan Masker Pada Pekerja Funiture Di Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pernafasan pada buruh pabrik seperti adalah kurangnnya pengetahuan tentang pentingnya alat pelindung diri berupa masker dan kurangnya pendidikan kesehatan tentang manfaat Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan penyakit yang di timbulkan apa bila pekerja tidak menggunakan masker, sehingga berdampak pada minimnya kesadaran buruh dalam menggunakan APD berupa masker selama bekerja (Suma’mur, 2009). Tidak terkecuali pada pekerja funiture di PT Kharisma Mandiri dan CV. Rose Three. Pendidikan kesehatan adalah salah satu cara penyampaian pesan yang bertujuan untuk memberikan perubahan pengetahuan dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang penggunaan masker terhadap perubahan pengetahuan dan perilaku pada pekerja funiture di sukoharjo. Rancangan penelitian dengan menggunakan metode quasi experimen pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah semua pekerja di PT Kharisma Mandiri yang berjumlah 170 pekerja dan CV Rose Three yang berjumlah 83 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden pada PT Kharisma Mandiri sebagai kelompok perlakuan sedangkan pada CV. Rose Three sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 38 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan quesioner dengan 15 pertanyaan untuk mengukur pengetahuan responden, sedangkan untuk mengukur perilaku menggunakan observasi selama satu minggu. Pendidikan kesehatan diberikan 1 kali ± 45 menit. Hasil pengukuran pengetahuan dan perilaku kemudian dilakukan uji normalitas data, didapat hasil pada kelompok pengetahuan data berdistribusi normal sedangkan pada kelompok perilaku data berdistribusi tidak normal sehingga pada kelompok pengetahuan dilakukan menggunakan uji paried t test dan uji independent t-test sedangkan pada kelompok perilaku di uji dengan wilcoxon signed rank dan manwitney. Hasil penelitian diketahui pada kelompok perlakuan pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan rata-rata 22,4 setelah diberikan pendidikan kesehatan ratarata pengetahuan meningkat menjadi 25,1 dengan nilai p = 0,000. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai p=0,945. Hasil uji pada perlakuan responden didapatkan nilai p-value pada hasil uji manwitney didapat P-value= 0,071 sehingga disimpulkan tidak ada perubahan perilaku setelah diberikan pendidikan kesehatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, penggunaan masker, pengetahuan dan perilaku
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2013 07:34
Last Modified: 01 Jun 2016 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item