Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Make A Macth Di Kelas IV SD Negeri Suwaduk 01 Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014

Handayani, Yuli Tri and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Make A Macth Di Kelas IV SD Negeri Suwaduk 01 Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran Make A Macth pada siswa kelas IV SD Negeri Suwaduk 01 Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Suwaduk 01 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan pembelajaran Make A Macth dan hasil belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi: identifikasi masalah, perencanaan, penyusunan program tindakan, pelaksanaan tindakan (Siklus I dan II), pengamatan, dan analisis serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan hasil belajar siswa rendah. Siswa yang mencapai KKM IPA hanya 45%. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka hasil belajar siswa meningkat, siswa yang mencapai KKM IPA meningkat menjadi 68%. Pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi, siswa yang mencapai KKM IPA menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Suwaduk 01 Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014 pada materi struktur kerangka tubuh manusia dan fungsinya..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pembelajaran Make A MActh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 11:32
Last Modified: 31 Oct 2021 07:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item