PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENYAKIT OSTEOARTHTRITIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN OSTEOARTHTRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GONDANGREJO KARANGANYAR

WIDYASTUTI , YULI (2008) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENYAKIT OSTEOARTHTRITIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN OSTEOARTHTRITIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GONDANGREJO KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210040029.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
J210040029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang. Penyakit arthritis (radang sendi) kini merupakan penyakit paling besar jumlahnya di Indonesia, menyerang segala umur. Penderita Osteoarthtritis yang melakukan perawatan di puskesmas adalah 40 pasien, yaitu di di poli fisioterapi. Melalui wawancara dengan 25 orang osteoarthritis menunjukkan kurangnya pengetahuan tentang penyakit tersebut, sehingga mereka bersikap kurang positif diketahui dengan mereka tetap beraktifitas penuh walaupun sendinya merasa nyeri. Pendidikan kesehatan merupakan tindakan keperawatan yang berperanan penting dalam memberikan pengetahuan kepada klien tentang suatu penyakit, sehingga nantinya pasien osteoarthritis dapat mencegah terjadinya kekambuhan. Tujuan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan diskusi dengan media modul, leaflet dan poster tentang osteoarthtritis terhadap pengetahuan dan sikap. Metode Penelitian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pre test post test one group wtht control design. Subyek penelitian ini adalah penderita osteoarthtritis di wilayah kerja puskesmas gondangrejo. Jumlah responden sebanyak 40 pasien yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperiment dan kelompok kontrol. Pendidikan kesehatan di lakukan di Puskesmas kragan gondangrejo Karanganyar. Instrumen penelitian dengan kuesioner. Uji hipotesis dengan uji Wilxoson Signed Ranks Tes. Kesimpulan. Pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan diskusi dapat meningkatkan pengetahuan pada kelompok eksperimen nilai Zhitung sebesar -3,873 lebih besar dari Ztabel 1,96, dengan tarat signifikan p<α (0,00<0,05) sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. Pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan diskusi dapat merubah sikap responden pada kelompok eksperiment dengan Zhitung sebesar -3,464 lebih besar dari Ztabel 1,96, dengan tarat signifikan p<α (0,01<0,05) sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pasien osteoarttritis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, pengetahuan dan sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Jun 2009 08:50
Last Modified: 01 Mar 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item