Wijayanti, Ira and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Kauman 01 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (623kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (417kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn kelas IV SDN Kauman 01 tahun pelajaran 2013 / 2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kauman 01 yang berjumlah 42 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu membandingkan proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, analisis dan penyusunan siklus tindakan berikutnya. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil observasi terhadap motivasi belajar PKn dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi pada semua indikator pada setiap pertemuan. Indikator semangat belajar sebesar 57,14%, 80,95%, 85,71%, dan 90,48%. indikator kerjasama sebesar 42,86%, 69,05%, 76,19%, 92,86%. Indikator tanggungjawab sebesar 42,86%, 73,81%, 85,71%, 95,24%. Indikator berani bertanya sebesar 33,33%, 52,38%, 73,81%, 88,10%. Indikator Berani Menjawab sebesar 38,10%, 52,38%, 76,19%, 88,10%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar PKn, strategi Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 10:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27003 |
Actions (login required)
View Item |