Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Pengalaman Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Surakarta)

Putri, Sheila Wikanov and , Dr. Rina Trisnawati, M.Si, Ak (2013) Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Pengalaman Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab iV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Profesi Akuntan Publik (auditor) ibarat “pedang mata dua”, di satu sisi auditor harus memperhatikan kredibilitas dan etika profesi, namun di sisi lain juga harus menghadapi tekanan dari klien dalam berbagai pengambilan keputusan auditor. Jika auditor tidak mampu menolak tekanan dari klien seperti tekanan personal, emosional atau keuangan maka independensi auditor telah berkurang dan bisa mempengaruhi kualitas audit. Auditor ketika mengaudit harus memiliki keahlian yang meliputi dua unsur yaitu pengetahuan dan pengalaman. Karena berbagai alasan seperti diungkapkan di atas, pengalaman kerja telah dipandang sebagai suatu faktor penting dalam memprediksi kinerja akuntan publik, dalam hal ini adalah kualitas auditnya. Kompetensi dapat diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman, kompetensi dapat meyakinkan bahwa kualitas jasa audit yang diberikan memenuhi tingkat profesionalisme tinggi. Dalam melaksanakan audit, akuntan publik harus bertindak sebagai seorang yang ahli di bidang akuntansi dan auditing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bukti empiris pengaruh kompetensi, independensi, dan pengalaman diberikan oleh KAP terhadap kualitas audit. Sampel yang digunakan sebanyak 46 responden yaitu auditor yang terdapat pada 7 KAP di Kota Surakarta dan yogyakarta. Sedangkan untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan statistik deskriptif, pengujian validitas dan Reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikorinieritas, uji Hetroskedastisitas, uji hipotesis, analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi, independensi, pengalaman dalam melaksanakan audit, berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Sehingga semakin dalam dan luas pengetahuan seorang auditor serta semakin berpengalaman dalam bidang auditing maka akan semakin baik kualitas audit yang dilakukan. Sedangkan lama hubungan dengan klien, tekanan dari klien, dan jasa non audit yang diberikan oleh KAP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Audit, Kompetensi, Independensi, Pengalaman, Pengetahuan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:36
Last Modified: 04 Nov 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item