Setyaningrum, Yunisa Eka and , Dra. Mujiyati, M.Si and , Shinta Permata S., SE, MM (2013) Evaluasi Pelaksanaan Key Performance Indicator (KPI) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (593kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Key Performance Indicator (KPI) di KPP Pratama Boyolali dan pelaksanaannya untuk meningkatkan kinerja . Sesuai dengan Surat Edaran Nomor: SE–18/PJ./2006 tentang Key Performance Indicator (KPI). Pengukuran kinerja dilakukan setiap akhir semester. Agar KPP memiliki akuntabilitas dalam kinerjanya, maka perlu ditetapkan Indikator Kineja Utama (key performance indicator) untuk mengukur dan meningkatkan kinerja yang sesuai dengan PER/09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di lingkungan Instansi Pemerintahagar tercapai efektivitas dalam kinerja dalam Kantor Pajak. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil yang diperoleh adalah: perkembangan key performace indicator selama kurun waktu 2011-2012 menunjukkan bahwa kinerja pada Kantor Pelayanan Pajak Boyolali mencapai kategori efektif (meningkat). Hal ini ditunjukan dengan indeks pencapaian untuk tahun 2011 sebesar 73,52% dan untuk tahun 2012 sebesar 73,33%. Peningkatan tersebut tidak lepas dari dari upaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Selain itu, pelaksanaan Key Performance Indicator di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali ternyata mampu untuk meningkatkan kinerja. Hal tersebut ditunjukkan dengan kemampuan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali mempertahankan capaian sasaran strategis dari Key Performance Indicator. Berdasarkan keterangan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa kinerja Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali optimal dan mengalami peningkatan kinerja. Tetapi, juga perlu dilakukan upaya tambahan seperti melakukan pendekatan kepada Wajib pajak yang kurang patuh dalam kewajibannnya membayar dan melaporkan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak, sehingga dapat mencapai tingkat kepatuhan Wajib Pajak yang tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | key performance indicator, efektivitas, kinerja kantor pajak. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 07:45 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26968 |
Actions (login required)
View Item |