Pujiwati, Pujiwati and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar PKn Melalui Diskusi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (611kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pkn melalui penerapan strategi pembelajaran diskusi make a match. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini PTK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 19 Agustus 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gelur dengan jumlah siswa 11 siswa terdiri dari 6 putra dan 5 putri dan guru kelas IV. Obyek penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dan diskusi make a match.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Hasil analisis data diskriptif interaktif dan diskriptif kualitatif bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi diskusi make a match. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan siswa rendah dengan presentase 36%. Pada siklus I terdapat keaktifan belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar siswa 64% dan pada siklus II keaktifan belajar siswa sangat baik dengan presentase 83%. Begitu juga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus siwa yang mencapai KKM 36 %, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 54 % dan setelah siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 91 %. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi diskusi make a match.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, keaktifan dan hasil belajar PKn, strategi diskusi make a match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2013 12:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26965 |
Actions (login required)
View Item |