Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Team Games Turnament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoluhur Tahun Ajaran 2013/2014

Romlah, Siti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Team Games Turnament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoluhur Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_KESIMPULAN_IMPLIKASI_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi team games turnament. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Mojoluhur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Mojoluhur yang berjumlah 14 siswa dan obyeknya adalah kreativitas belajar siswa serta strategi team games turnament.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data observasi hasil pembelajaran,hasil wawancara dan jurnal harian.Data tambahan yang diperoleh dari wawancara tidak terstruktur dengan siswa dan data hasil foto kamera sebagai pertimbangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas belajar siswa kelas IV SDN Mojoluhur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi team games turnament. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreativitas belajar siswa rendah dengan presentase 37%. Pada siklus I terdapat kreativitas belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 66,8% dan pada siklus II kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 81,6%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar bagi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran team games turnament.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kreativitas belajar Bahasa Indonesia, strategi team games turnament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:51
Last Modified: 27 Oct 2021 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26942

Actions (login required)

View Item View Item