Romlah, Siti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Team Games Turnament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoluhur Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (564kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (402kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_KESIMPULAN_IMPLIKASI_DAN_SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi team games turnament. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Mojoluhur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Mojoluhur yang berjumlah 14 siswa dan obyeknya adalah kreativitas belajar siswa serta strategi team games turnament.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data observasi hasil pembelajaran,hasil wawancara dan jurnal harian.Data tambahan yang diperoleh dari wawancara tidak terstruktur dengan siswa dan data hasil foto kamera sebagai pertimbangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas belajar siswa kelas IV SDN Mojoluhur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi team games turnament. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreativitas belajar siswa rendah dengan presentase 37%. Pada siklus I terdapat kreativitas belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 66,8% dan pada siklus II kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 81,6%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar bagi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran team games turnament.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, kreativitas belajar Bahasa Indonesia, strategi team games turnament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 12:51 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26942 |
Actions (login required)
View Item |