Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian Karyawan Dalam Menggunakan Komputer (Survey Pada BPR Di Kabupaten Wonogiri)

Pradhina, Swastika Ayu and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si (2013) Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian Karyawan Dalam Menggunakan Komputer (Survey Pada BPR Di Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor personality berpengaruh terhadap keahlian karyawan BPR di Kabupaten Wonogiri dalam menggunakan komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris untuk membuktikan hipotesis. Populasi yang diambil adalah karyawan BPR di Kabupaten Wonogiri bagian administrasi sebanyak 50 karyawan. Karena keterbatasan waktu penulis hanya mengambil 3 kantor BPR di Kabupaten Wonogiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling conviniance. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Data yang diambil meliputi data tentang faktor personality (computer anxiety, computer attitude, dan math anxiety), serta keahlian menggunakan komputer (EUC). Analisis yang digunakan adalah pengujian instrumen data, uji asumsi klasik, metode regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa: 1) hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor personality (computer anxiety dan math anxiety) berpengaruh negatif signifikan terhadap keahlian karyawan menggunakan komputer. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi variabel tersebut di bawah 0,05. Semakin tinggi computer anxiety dan math anxiety seorang karyawan semakin rendah keahlian komputernya. 2) hasil pengujian menunjukkan faktor personality (computer attitude) berpengaruh positif signifikan terhadap keahlian karyawan menggunakan komputer. Semakin tinggi computer attitude seorang karyawan, semakin tinggi pula keahlian menggunakan komputer. Computer anxiety, computer attitude, dan math anxiety memberikan kontribusi sebesar 30,9%, sedangkan sisanya yaitu 69,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor personality, EUC
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:08
Last Modified: 04 Nov 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26933

Actions (login required)

View Item View Item