Analisis Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011

Bayuristyawan, Tito and , Drs. Wayono, M.A., Akt and , Eny Kusumawati, SE, MM, Ak, CA (2013) Analisis Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terjadi tindakan manajemen laba pada perusahaan pengakuisisi sebelum merger dan akuisisi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sesudah merger dan akuisisi. Penelitian ini menggunakan discretionaty accrual untuk mendeteksi manajemen laba. Untuk kinerja keuangan perusahaan diukur menggunakan rasiorasio keuangan yang meliputi current ratio, return on investement, debt to equity, dan price earning ratio. Selanjutnya pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perusahaan pengakuisisi terdeteksi melakukan tindakan manajemen laba dengan metode income increasing accrual sebelum melakukan merger dan akuisisi. Nilai rata-rata CR mengalami peningkatan sebesar 0,3164 setelah merger dan akuisisi. Nilai rata-rata ROI mengalami penurunan sebesar 0,0070 setelah merger dan akuisisi. Nilai rata-rata DER mengalami penurunan sebesar 0,2974 setelah merger dan akuisisi. Nilai ratarata PER mengalami peningkatan sebesar 27,5562 setelah merger dan akuisisi. Keempat rasio memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,005, hasil ini membuktikan tidak terdapat perbedaan pada kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, merger, akuisisi dan kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2013 12:40
Last Modified: 04 Nov 2021 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item View Item