Gusnanto, Ila and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Pelaksanaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa (Studi di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (6MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sebagai lembaga formal sekolah adalah wadah yang tepat dalam pelaksanaan kurikulum. Kurikulum haruslah bersifat dianamis dan tidak statis, ini dikarenakan kebutuhan manusia pada setiap generasi berbeda sehingga dibutuhkan ahli yang kompeten dalam bidang tertentu yang setiap tahunnya akan mengalami perkembangan pesat. Untuk itu, sekolah perlu mengembangkan gagasan-gagasan yang cerdas, kreatif dan inovatif dalam mengantisipasi berbagai tantangan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan prestasi siswa di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo. Tujuan peneliti ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan prestasi di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yang memberikan kontribusi pemikiran bagi dunia pendidikan, terutama bidang kurikulum. Manfaat praktis berguna bagi unit yang berkenaan dengan kurikulum dalam meningkatkan prestasi di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo khususnya dan sekolah lain pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo sebagai obyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara induktif yaitu cara berfikir untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari masalah yang bersifat khusus kemasalah-masalah yang bersifat umum. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum terpadu di SMPIT Mutiara Insan membawa manfaat tersendiri bagi siswa, dimana materi yang berasal dari kurikulum Nasional dan kurikulum lokal yang bersifat umum memberikan pengayaan kepada siswa di bidang Ilmu dan teknologi, serta memberi bekal ketrampilan untuk terjun ke masyarakat, baik pergaulan dan komunikasi. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksernal. Para pemeran pendidikan kepala sekolah, guru atau pendidik dan tenaga kependidikan lainnya perlu menjaga, memelihara dan mengembangkan karakteristiknya yang tidak bersifat simbolik, tetapi juga bersifat substansial. Dengan demikian siswa-siswi termotivasi dan disiplin yang tinggi dalam meraih Ilmu pengetahuan, dapat memberi dorongan untuk mencapai prestasi yang diharapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Kurikulum Terpadu, Prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2013 10:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26815 |
Actions (login required)
View Item |