Peran Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembinaan Moral Siswa (Studi Pendekatan Fenomenologi di SMK Tekno-Sa Surakarta)

Mutaqin, Prabowo Hari and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2013) Peran Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembinaan Moral Siswa (Studi Pendekatan Fenomenologi di SMK Tekno-Sa Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (964kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses, suatu interaksi dengan suatu tujuan yang jelas, dan pencapaiannya akan sangat ditentukan oleh bagaimana kepribadian guru di hadapan peserta didik. Berkaitan dengan keadaan moral para generasi-generasi penerus bangsa yang kian merosot, maka pemanfaatan secara efektif kepribadian guru dalam melaksanakan kegiatan pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena kepribadian membantu pengajaran, penanaman nilai-nilai moral, serta menjaga komunikasi antara guru dengan siswa. Di sinilah letak pentingnya seorang guru untuk mempunyai kepribadian menarik agar mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik dan menanamkan nilai-nilai moral dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran kepribadian guru pendidikan agama Islam serta usaha-usaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses pembinaan moral siswa di SMK Tekno-Sa Surakarta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepribadian guru pendidikan Islam dan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses pembinaan moral siswa di SMK Tekno-Sa Surakarta. Ditinjau dari jenis penelitiannya, maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, yaitu suatu metode pengkajian untuk mengenali, menjelaskan, dan menafsirkan pengalaman indrawi dan melakukan interpretasi terhadap subjek penelitian sampai mendapatkan makna yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis sehingga diperoleh suatu makna yang baru dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMK tekno-Sa Surakarta memiliki karakteristik kepribadian yang dewasa, arif, tegas, berwibawa, adil, bijaksana, disiplin, dan dekat dengan siswa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Dalam proses pembinaan moral siswa di SMK Tekno-Sa Surakarta, peran kepribadian guru pendidikan agama Islam adalah untuk mengenal dan mengetahui latar belakang dan kebutuhan para siswa serta potensi yang dimilikinya, membina hubungan baik dan harmonis, saling menghormati dan saling mempercayai antara guru dan murid, serta sebagai bentuk keteladanan bagi siswa. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses pembinaan moral siswa adalah dengan menanamkan ajaran agama Islam dalam diri siswa, pembiasaan berperilaku baik, selalu memberi nasehat, dan member hukuman bagi siswa yang melanggar aturan atau norma.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru dan Pembinaan Moral Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 08:20
Last Modified: 29 Oct 2021 13:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item View Item