Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Efektifitas Sistem Informasi Pada Organisasi Sektor Publik (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah Sragen)

Suwarni, Sri and , Drs. Atwal Arifin, Ak.,M.Si (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Efektifitas Sistem Informasi Pada Organisasi Sektor Publik (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (780kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan RSUD Sragen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Rumah Sakit Umum Daerah di Sragen yang menggunakan sistem informasi dalam menjalankan tugasnya. Jumlah responden yag dianalisa ada 34 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Data yang diperoleh melalui uji normalitas, validitas reliabilitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dan hasilnya menunjukan data distribusi normal, semua variabel dalam dalam pnelitian ini mampu mengungkapkan apa yang akan diukur atau valid dan reliabel atau layak digunakan. Metode analsisi data menggunakan analisis regresi berganda Hasil uji t diperoleh variabel manajemen sistem informasi diketahui nilai thitung (2,271) lebih besar daripada ttabel (2,042) yang artinya manajemen sistem informasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi. Variabel kepuasan pengguna diketahui nilai thitung (1,933) lebih kecil daripada ttabel (2,042) yang artinya kepuasan pengguna tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi. Variabel budaya organisasi diketahui nilai thitung (2,021) lebih kecil daripada ttabel (2,042) yang artinya budaya organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi. Variabel penggunaan teknologi informasi diketahui nilai thitung (2,695) lebih besar daripada ttabel (2,042) yang artinya penggunaan teknologi informasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh dengan adjusted- R2 sebesar 0,393. Hal ini berarti bahwa 39,3% variasi variabel efektivitas sistem informasi dapat dijelaskan oleh manajemen sistem informasi, kepuasan pengguna, budaya organisasi dan penggunaan teknologi informasi sedangkan sisanya yaitu 60,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sistem Informasi, Kepuasan Pengguna, Budaya Organisasi, Penggunaan Teknologi Informasi dan Efektivitas Sistem Informasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2013 06:38
Last Modified: 04 Nov 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26786

Actions (login required)

View Item View Item