Nugroho, Eko and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Jiwo Wedi Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_041.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (607kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Jiwo tahun 2013/2014.Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jiwo yang terdiri dari 14 siswa,dengan rincian laki-laki 8 dan perempuan 6. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.Guru kelas dan kepala sekolah bersama peneliti senantiasa berupaya memperoleh hasil yang optimal. Analisis data untuk kedua data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukandengan deskriptif komparatif,yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap aktifitas belajar dari kondisi awal,siklus I dan siklus II.perbandingan juga dilakukan terhadap nilai tes kondisi awal, siklus I dan siklus II,kemudian di refleksi.Hasil penelitian menyimpulkan yaitu: (1) penerapan metode demonstrasi meningkatkan aktivitas belajar matematika. Hal ini ditunjukan adanya kemajuan pada aktivitas siswa dalam kelas, pada pra siklus (53,1%)siswa melakukan aktifitas,pada silkus I (68%) siswa melakukan aktivitas, siklus II (80,5%) melakukan aktifitas, (2) penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika, ini ditunjukan pada hasil tes. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 69 siklus I meningkat menjadi 75 siklus II meningkat menjadi 84,5.ketuntasan dari kondisi awal 45% dan kondisi akhir 100% berarti ketuntasan naik 55% pada kondisi akhir(siklus II).Dengan bukti penghitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Jiwo, Wedi, Klaten Tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktifitas,hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2013 07:02 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26780 |
Actions (login required)
View Item |