Indrawati, Indrawati and , Dra. Suparti, M.Si. (2013) Efektivitas Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Dengan Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (486kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (380kB) |
Abstract
Suasana belajar dan pembelajaran diarahkan agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memperoleh hasil belajar tinggi. Banyak factor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu factor tersebut yaitu berasal dari guru. Guru dituntut untuk menggunkan strategi yang mampu membuat siswa aktif dalam pembelajarannya. Dua di antara strategi pembelajaran tersebut yaitu index card match dengan practice rehearsal pairs. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan antara strategi pembelajaran index card match dengan practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar biologi pada materi fotosintesis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2012/2013. (2) Seberapa besar perbedaan antara strategi pembelajaran index card match dengan practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran biologi Jenis dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Colomadu kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIIIA sampai VIIIG, untuk sampel pada kelas VIIIA dengan strategi pembelajaran index card match dan 1 kelas dengan strategi practice rehearsal pairs pada kelas VIIID. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisi dalam penelitian ini menggunkan uji t-test. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi index card match dan practice rehearsal pairs ada perbedaan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil uji Fbeda diperoleh hasil sebesar 22,207 dengan p = 0,00 atau p < 0,05. Bersarnya pernedaan dari Dari hasil Levene's Test for Equality of Variances diperoleh hasil uji t test, strategi pembelajaran index card match sebesar 5,164 dengan p = 0,000 dan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs sebesar 6,427 dengan p = 0,000. Jadi strategi pembelajaran practice rehearsal pairs lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran index card match.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Index Card Match, Practice Rehearsal Pairs, perbandingan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 09:32 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26727 |
Actions (login required)
View Item |