Santosa, Heru and , Drs. Mulyadi, S.H., M.Pd and , Drs. Risminawati, M.Pd. (2013) Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (493kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (709kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran SETS pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pendekatan SETS. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari indikator pada masing-masing siklus sebagai berikut: (1) Siswa yang bekerja sama sebanyak 9 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 16 siswa atau 80% pada kondisi akhir; (2) Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 10 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir; (3) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru dari 12 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 18 siswa atau 90% pada kondisi akhir;(4) Siswa yang berani menyampaikan pendapat dari 10 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir. Dengan demikian besarnya peningkatan rata-rata pada semua indikator siswa sebesar 33,75%, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni: Penerapan pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dapat terjawab atau diterima
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, pendekatan SETS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 12:56 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 10:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26712 |
Actions (login required)
View Item |