Pengaruh Metode Discovery Inquiry Dengan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDNegeri Kemiri 04 Kebakkramat

Nurkhayati, Rita Yuni and , Drs. Suwarno, M.Pd. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd. (2013) Pengaruh Metode Discovery Inquiry Dengan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDNegeri Kemiri 04 Kebakkramat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (693kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (420kB)

Abstract

Sistem pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa bersikap pasif, pembelajaran dengan metode konvensional menempatkan siswa sebagai pendengar sehingga cenderung membosankan dan menjadi malas belajar. Salah satu upaya agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan metode Discovery Inquiry, dimana siswa diberikan suatu kasus atau permasalahan untuk dicarikan sebuah solusi atau jawabannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran IPA antara siswa yang diajarkan dengan metode Discovery Inquiry dan diajarkan dengan metode Konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Kemiri 04 Kebakkramat Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A dan kelas IV B. Kelas IV A terdiri dari 23 siswa dan kelas IV B terdiri 24 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 04 Kemiri antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Discovery Inquiry dan kelas kontrol yang menggunakan strategi Konvensional memiliki perbedaan. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang telah dilakukan dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh thitung= 4,802 dan ttabel= 2,014 Maka tabelhitungtt , yaitu 4,802> 2,014. Nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Discovery Inquiry adalah 76,12 dan metode Konvensional adalah 68,17, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode discovery inquiry dan metode konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Kemiri 04 Kebakkramat tahun Ajaran 2012/2013 dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran dengan metode Discovery Inquiry lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, metode discovery inquiry, metode konvensional, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:37
Last Modified: 01 Nov 2021 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26705

Actions (login required)

View Item View Item