Penanganan Kognitif Anak Down Syndrome Melalui Metode Kartu Warna Di TK Permata Bunda Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

KUSUMAWATI, ANITA and , Dra. Surtikanti M. Pd (2013) Penanganan Kognitif Anak Down Syndrome Melalui Metode Kartu Warna Di TK Permata Bunda Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (823kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi adanya perilaku anak penyandang down syndrome terhadap kemampuan kognitifnya dalam hal pengenalan warna. Sehingga peneliti berusaha untuk menerapkan metode kartu warna untuk penanganan kemampuan kognitif pada anak down syndrome di TK Permata Bunda Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode kartu warna dalam penanganan kemampuan kognitif pada anak down syndrome di TK Permata Bunda Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang bertumpu secara mendasar dengan fenomenologi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian penelitian ini menggunakan metode observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kartu warna dapat menangani anak down syndrome di TK Permata Bunda Surakarta, meskipun masih terdapat beberapa kendala-kendala yang dihadapi baik oleh terapis maupun peneliti, antara lain: kurangnya kontak mata, atensi dan konsentrasi bagi anak down syndrome di TK Permata Bunda Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu Warna, Kognitif, Anak Down Syndrome
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:50
Last Modified: 26 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26696

Actions (login required)

View Item View Item