Budiarti, Suci and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Terjadinya Bullying Pada Siswa (Studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3.BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_II.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab V)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying pada siswa Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada lima tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data dan analisis dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying pada siswa di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan, yaitu, adanya bentuk bullying yang di lakukan oleh para siswa dalam bentuk Verbal dan Non-verbal, verbal yaitu: memberi julukan, mengkritik teman dengan tajam, mengolok-olok. Sedangkan bentuk non-verbal yaitu: memukul, menjitak, menendang, menghasut teman, pengerusakan hubungan pertemanan. Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying pada siswa yaitu: 1) Pendisiplinan secara positif akan hak anak dengan berinteraksi dengan anak dengan cara menghormati, berempati, bertoleransi, dan menghormati perbedaan, 2) Dengan menciptakan waktu berkomunikasi, kita dapat mengenal potensi timbulnya suatu masalah dan membantu anak dalam menghadapi permasalahn yang dihadapinya, 3) Menanamkan kepada siswa agar mempunyai tatakrama dan tata susila. 4) Menerapkan pendidikan karakter pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying pada siswa, peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 07:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26682 |
Actions (login required)
View Item |