Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Priyanto, Sulis and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
0._Halaman_Depan.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._Bab_1.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
2._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
3._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab IV)
4._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab V)
5._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAPUS.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) ada tidaknya pengaruh bersama antara kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF, berjumlah 30 siswa yang diambil secara cluster random sampling yaitu dipilih satu kelas secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data kemandirian dan gaya belajar siswa dan metode dokumentasi untuk data prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (i) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa (tobs= 2,891 > 2,052 =ttabel pada taraf signifikansi 5%), (ii) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa (tobs= 2,342 > 2,052 =ttabel pada taraf sinifikansi 5%), (iii) Terdapat pengaruh bersama antara kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fobs= 27,534 > 3,35 =Ftabel, pada taraf signifikansi 5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Kemandirian, Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2013 07:35
Last Modified: 02 Nov 2021 23:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item