Kumalasari, Berliana Nita and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Tindak Tutur Direktif Pada Iklan Sepeda Motor Di Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (939kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (530kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (226kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali, (2) mendeskripsikan strategi tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di boyolali, (3) mendiskripsikan teknik tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu data yang dianalisis bukan data berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata. Objek dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali, sumber data pada penelitian ini adalah iklan sepeda motor di Boyolali. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, simak, dan teknik catat. Teknik dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data yang berupa foto. Teknik simak adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyimak bahasa lisan maupun tulisan, sedangkan teknik catat adalah teknik yang dilakukan untuk mencatat data tuturan dalam iklan pada kartu data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk tindak tutur direktif iklan sepeda motor di Boyolali direalisasikan dalam lima modus tuturan direktif yaitu (a) modus menyuruh, (b) modus memohon, (c) modus menuntut, (d) modus menyarankan, (e) modus menantang. (2) strategi tuturan direktif iklan sepeda motor di Boyolali yakni direalisasikan dalam bentuk tuturan langsung dengan modus tuturan kalimat perintah dan kalimat berita. (3) teknik tuturan direktif iklan sepeda motor di Boyolali direalisasikan dalam bentuk tuturan literal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bentuk-bentuk direktif, strategi direktif, teknik direktif |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 11:05 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26560 |
Actions (login required)
View Item |