Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Perilaku Perawat Dalam Meminimalkan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Rsud Dr. Moewardi

PUSPITA, MARTSELLA DWI INDAH and , Irdawati S. Kep., Ns, Msi. Med. and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Perilaku Perawat Dalam Meminimalkan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Rsud Dr. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (451kB)

Abstract

Sakit dan dirawat dirumah sakit merupakan krisis utama yang tampak pada anak. Jika seorang anak dirawat dirumah sakit, maka anak tersebut akan mudah mengalami krisis. Karena, anak mengalami cemas akibat perubahan baik terhadap status kesehatannya maupun lingkungannya dalam kebiasaan sehari-hari. Untuk dapat mengambil sikap sesuai dengan peran perawat dalam usahanya meminimalkan kecemasan akibat hospitalisasi, perlu adanya pengetahuan sebelumnya tentang kecemasan hospitalisasi; hal ini dikarenakan keberhasilan suatu asuhan keperawatan sangat tergantung dari pemahaman dan kesadaran mengenai makna yang terkandung dalam konsep-konsep keperawatan serta harus memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam menjalankan tugas sesuai dengan perannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan perilaku perawat dalam meminimalkan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak prasekolah di RSUD Dr. Moewardi. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 23 perawat di bangsal Melati 2 RSUD Dr Moewardi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan: (1) pengetahuan perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta sebagian besar dalam kategori tinggi, (2) perilaku perawat dalam meminimalkan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak prasekolah di RSUD Dr. Moewardi Surakarta juga sebagian besar dalam kategori cukup, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan perilaku meminimalkan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan perawat, perilaku perawat, kecemasan pasien prasekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:40
Last Modified: 02 Jun 2016 01:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item