Pendidikan Mitigasi Bencana Lahar Dingin Terhadap Masyarakat Penambang Pasir Di Aliran Sungai Kali Woro Desa Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten

Tama, Dhanu Pradiksa and , Drs. Suharjo, M.S (2013) Pendidikan Mitigasi Bencana Lahar Dingin Terhadap Masyarakat Penambang Pasir Di Aliran Sungai Kali Woro Desa Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (29MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Solopos.com (25 Oktober 2011),berkaitan dengan bencana lahar dingin Bupati Klaten, Sunarna mengeluarkan surat edaran tentang penanggulangan ancaman lahar dingin kepada warganya yang tinggal di sepanjang alur Kali Woro. Tujuan penelitian 1) mengetahui pengetahuan masyarakat penambang pasir di aliran sungai Kali Woro terhadap pendidikan mitigasi bencana lahar dingin, di Desa Balerante. 2) mengetahui sikap masyarakat penambang pasir di aliran sungai Kali Woro terhadap pendidikan mitigasi bencana lahar dingin, di Desa Balerante Metode penelitian menggunakan metode kuantitaif diskriptif dengan pendekatan persentase. Dimana lokasi penelitian di Kali Woro Desa Balerante Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Populasi seluruh warga penambang pasir di kali woro Desa Balerante. Sampel adalah seluruh warga penambang pasir yaitu 20 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pengetahuan masyarakat penambang pasir di sungai kali woro terhadap pendidikan mitigasi bencana termasuk dalam tingkat kurang, hal tersebut di tunjukkan dengan indeks pengetahuan masyarakat penambang pasir di Sungai Kali Woro termasuk dalam tingkat kurang dengan nilai rata-rata 52,5%. Sikap masyarakat penambang pasir di sungai kali woro terhadap pendidikan mitigasi bencana termasuk dalam tingkat baik dengan nilai rata-rata 80,5%. Hal tersebut ditunjukkan dengan indeks sikap masuk dalam tingkat tinggi yaitu sikap responden yang mampu mengaplikasikan tentang pendidikan mitigasi bencana adalah 80,5 % sedang responden yang tidak mampu mengaplikasikan tentang pendidikan mitigasi bencana adalah 19,5 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dan sikap terhadap pendidikan mitigasi bencana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:40
Last Modified: 31 Oct 2021 08:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26529

Actions (login required)

View Item View Item