Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Kedung Lumbu Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta

Winasih, Wiji and , Drs. Dahroni, M.Si (2013) Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Kedung Lumbu Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bencana banjir sering terjadi di Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta, hampir setiap tahun daerah tersebut mengalami bencana banjir, karena daerah tersebut terletak di dekat sungai bengawan solo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai bencana banjir. (2) Mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. (3) Mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan analisis korelasi. Objek penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Kelurahan Kedung Lumbu dengan populasi 120 kepala keluarga. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sampel yang diambil 83 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan uji pearson product moment atau analisis korelasi. Reliabilitas instrument dengan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai atau kategori pada pengetahuan masyarakat mengenai bencana banjir adalah 69,6% yang berarti untuk pengetahuan masyarakat mengenai bencana banjir masuk dalam kategori cukup, pada kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir diperoleh nilai 72,9% yang berarti menunjukkan bahwa tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir adalah siap, dan untuk hubungan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir mempunyai nilai 0,427 hal ini menunjukan ada hubungan positif yang cukup antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesiapsiagaan, bencana banjir.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 11:50
Last Modified: 31 Oct 2021 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item