Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Melalui Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas III SDIT Arofah Boyolali

Nuryani, Nuryani and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Melalui Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas III SDIT Arofah Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (735kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran tutor sebaya dalam peningkatan presatsi belajar menulis pada siswa kelas III SDIT Arofah Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang berbentuk penelitian tindakan kelas (class action research), dengan pola penelitian siklus.Subjekpenelitian adalah siswa kelas III dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SDIT Arofah Boyolali.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang disesuaikan untuk penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tutor sebaya dadam pembelajaran menulis paragraf ini cukup berhasil, yang ditunjukkan dengan (1) motivasi belajar meningkat, yang antara lain tampak adanya interaksi yang makin meningkat antarsiswa dalam memecahkan kesulitan menulis, dan (2) terdapat kemajuan kemampuan menulis siswa secara signifikan. Hal itu terlihat pada perbedaan skor yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah tindakan. Skor menulis siswa meningkat dari 69,82 menjadi 73,06. Dalam siklus tindakan II jika dipresentasi berkisar 90,31% keberhasilan dalam mengatasi siswa menulis. Untuk itu , penerapan model tutor sebaya supaya lebih dimaksimalkan prosesnya bagi pengajar Bahasa Indonesia kelas III tingkat sekolah dasar pada umumnya , dan bagi pengajar Bahasa Indonesia kelas III SDIT Arofah Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar Menulis, Tutor Sebaya
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 08:45
Last Modified: 22 Oct 2021 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26522

Actions (login required)

View Item View Item