Aspek Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Pangastika, Meyla Nendra and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Aspek Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (476kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan (1) struktur novel Kubah karya Ahmad Tohari; (2) aspek-aspek sosial novel Kubah karya Ahmad Tohari dengan pendekatan sosiologi sastra;(3) implementasi aspek sosial dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah aspek sosial dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari, melalui pendekatan sosiologi sastra. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata, frasa, kalimat, dan wacana yang mengandung aspek sosial dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa novel Kubah karya Ahmad Tohari dan sumber data sekunder berupa artikel dari internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dialektika. Berdasarkan analisis struktural, tema novel Kubah karya Ahmad Tohari adalah meyakini adanya Tuhan. Alur dalam novel Kubah adalah alur mundur(flash back). Tokoh yang terdapat dalam novel Kubah, yaitu tokoh utama Karman, tokoh bulat (Karman), dan yang lain sebagai tokoh pendukung. Latar dalam novel Kubah dikaji melalui tiga aspek, yaitu latar tempat di desa Pegaten kecamatan kokosan, gedung Markas Komando Distrik Militer, di alun-alun kabupaten, di Madiun, latar waktu terjadi sekitar tahun 1948 sampai dengan 1965,dan latar sosial, yaitu masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan analisis sosiologi sastra, aspek sosial dalam novel Kubah, yaitu (1) Budaya meliputi, dekadensi moral, politik (2) lingkungan sosial meliputi,disorganisasi keluarga, kriminalitas (3) ekonomi meliputi, kemiskinan. Aspek sosial dalam novel Kubah dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA, pada Strandar Kompetensi ke-2 berkaitan dengan membaca dan Kompetensi Dasar 7.2 yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek sosial, novel Kubah, sosiologi sastra, dan bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Oct 2013 07:58
Last Modified: 02 Nov 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26517

Actions (login required)

View Item View Item