Maryam, Inana Siti and , W.S. Hertinjung, S.Psi., M.Psi. (2013) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika pada Siswa SD Negeri Bratan III Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (308kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (216kB) |
Abstract
Matematika diharapkan dapat menjadi mata pelajaran yang menyenangkan karena berguna bagi siswa agar dapat berpikir secara logis dan rasional, namun sampai saat ini Matematika masih dianggap sebagian besar siswa sebagai momok. Salah satu faktor yang berperan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan memiliki efikasi diri. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika pada siswa SD Negeri Bratan III Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 3, 4 dan 5 SD Negeri Bratan III Surakarta yang berjumlah 110 orang yaitu kelas 3 sebanyak 38 siswa, kelas 4 sebanyak 39 siswa dan kelas 5 sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi populasi dimana seluruh anggota populasi menjadi subjek dalam penelitian. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dan skala kecemasan. Berdasarkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson, diperolah nilai koefisien korelasi sebesar -0,382; p = 0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel efikasi diri mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 63,60 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 50 yang berarti efikasi diri pada subjek tergolong tinggi. Variabel kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika diketahui rerata empirik (RE) sebesar 45,79 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 60 yang berarti kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika pada subjek tergolong rendah. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika sebesar 14,6% dan 85,4% dipengaruhi faktor lain di luar efikasi diri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, kecemasan menghadapi mata pelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 09:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26512 |
Actions (login required)
View Item |