Lestari, Rizki and , Dr. Taufik, M.Si. (2013) Hubungan Antara Konformitas Kelompok Dan Pengaturan Diri Dalam Belajar Dengan Perilaku Menyontek. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (120kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar dengan perilaku menyontek. Mengetahui tingkat konformitas kelompok, tingkat pengaturan diri dalam belajar, dan tingkat perilaku menyontek siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar dan variabel tergantung perilaku menyontek. Subjek penelitian berjumlah 94 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala konformitas kelompok, skala pengaturan diri dalam belajar dan skala perilaku menyontek. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar dengan perilaku menyontek. Artinya konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi terjadinya perilaku menyontek. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konformitas kelompok dengan perilaku menyontek. Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara pengaturan diri dalam belajar siswa dengan perilaku menyontek. Sumbangan efektif konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar terhadap perilaku menyontek sebesar 38,2%. Dari hasil analisis diketahui bahwa konformitas kelompok, pengaturan diri dalam belajar, dan perilaku menyontek siswa SMA Negeri 9 berada pada kategori sedang. Kesimpulannya ada hubungan yang sangat signifikan antara konformitas kelompok dan pengaturan diri dalam belajar dengan perilaku menyontek baik secara bersama-sama maupun secara parsial.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konformitas kelompok, pengaturan diri dalam belajar, perilaku menyontek |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2013 07:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26501 |
Actions (login required)
View Item |