Konsep Toleransi Perspektif Islamic Worldview (Tinjauan Historis Interaksi Islam Dengan Agama Lain Masa Nabi Muhammad SAW.)

Al Amin, Mohammad Fuad and , Dr.Abdul Kholiq Hasan,M.Ed and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) Konsep Toleransi Perspektif Islamic Worldview (Tinjauan Historis Interaksi Islam Dengan Agama Lain Masa Nabi Muhammad SAW.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
FILE_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
FILE_BAB_I.pdf

Download (555kB)
[img] PDF (Bab II)
FILE_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] PDF (Bab III)
FILE_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] PDF (Bab IV)
FILE_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (Bab V)
FILE_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
FILE_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Kata Toleransi merupakan istilah yang pertama kali muncul dalam kebudayaan Barat. Ia berkembang dengan corak yang khas dengan pemikiran Barat yang liberal. Ironisnya, istilah toleransi yang dipahami oleh barat, lambat laun banyak diadopsi tanpa kritik dalam pemikiran Islam oleh beberapa intelektual Muslim. Mungkin ada beberapa kesamaan pemahaman tentang toleransi dibarat dan Islam. Namun demikian ada perbedaan yang cukup fundamental tentang penafsiran toleransi dalam sejarah peradaban Islam dan barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep toleransi perspektif Islamic worldview dengan mempelajari pola interaksi antara umat Islam dengan pemeluk agama lain yang terjadi pada masa Nabi Muhammad saw. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk riset kepustakaan (library research). Yang menjadi bahan kajian adalah bukubuku sejarah tentang interaksi antara umat Islam dengan pemeluk agama lain yang terjadi pada masa Nabi Muhammad saw. Setelah dilakukan seleksi dengan menggunakan metode analisis historis, berupa deskripsi terhadap permasalahan, sehingga bisa didapatkan pemahaman yang menyeluruh terhadap masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah terjadi interaksi antara umat Islam dengan pemeluk agama lain pada masa Nabi Muhammad saw. 2) Interaksi tersebut menunjukkan tentang adanya konsep toleransi dalam Islam. 3) Konsep toleransi perspektif Islamic worldview memiliki bentuk dan karakteristiknya tersendiri yang sesuai syari’at Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Interaksi, Islamic worldview
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Oct 2013 06:57
Last Modified: 25 Oct 2021 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item