Sudarwanti, Nurhasanah Anis and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Fisika Berbasis Praktikum Di MTS Muhammadiyah Blimbing Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_i_-_pendahuluan.pdf Download (332kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_ii_-_kajian_teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_iii_-_metode_penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_iv_-_paparan_data.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
bab_v_-_pembahasan_masalah.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
PDF (Bab VI)
bab_vi_-_penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (492kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini, untuk mendeskripsikan (1) motivasi siswa dalam pembelajaran fisika berbasis praktikum di MTs Muhammadiyah Blimbing, (2) penggunaan media pada pembelajaran fisika berbasis praktikum di MTs Muhammadiyah Blimbing, (3) interaksi pembelajaran yang terjadi waktu pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis praktikum di MTs Muhammadiyah Blimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Blimbing. Data Utama diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kutikulum, guru dan siswa. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik motivasi siswa dalam pembelajaran fisika berbasis praktikum terdiri dari lima komponen yaitu keaktifan, ketekunan, perhatian, partisipasi dan minat. Komponen tertinggi dari motivasi siswa adalah komponen perhatian dan komponen terendah adalah keaktifan dan ketekunan, (2) karakteristik penggunaan media pembelajaran fisika berbasis praktikum meliputi: kemampuan guru mengajar, kemampuan siswa belajar dan mediayang digunakan, (3) karakteristik interaksi pembelajaran fisika berbasis praktikum meliputi lima komponen yaitu: interaksi siswa dengan siswa, interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan media, siswa diam karena perhatian.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi siswa, media pembelajaran fisika, interaksi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 11:33 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26401 |
Actions (login required)
View Item |