Supriyanto, Dwi Agus and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan Pembelajaran Renang Di SD Bulu Lor Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (42kB) |
Abstract
Ada tiga tujuan yang dicapai dalam penelitian ini. (1) Untuk mendeskripsikan materi dalam pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang. (3) Untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini ada tiga hal. (1) Materi pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang meliputi materi dasar dan materi wajib. Materi dasar yang diberikan meliputi materi pengenalan kolam, mengapung, meluncur, dan menyelam. Materi wajib adalah materi teknik gaya bebas. Bukan hanya teknik gaya bebas saja yang diberikan kepada siswa tetapi juga guru memberikan materi teknik gaya dada dan punggung. Materi-materi tersebut diberikan dalam bentuk teori dan praktik yang sumber materinya berasal dari buku paket, BSE, LKS, dan modul. Untuk materi praktik dilakukan di luar jam belajar. Biasanya dilakukan pada hari Minggu. (2) Strategi pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang diawali dengan pemberian motivasi kepada siswa di mana siswa diminta untuk melakukan latihan rutin. Pihak sekolah memberikan fasilitas renang seperti pelampung dan juga kaca mata renang. Proses pembelajaran dikemas secara sistematis mulai dari materi yang tingkat kesulitannya rendah hingga tinggi seperti teknik renang gaya punggung. Metode yang digunakan guru meliputi metode demonstrasi, praktik langsung, dan permainan. Siswa dikirim ke berbagai perlombaan dan mampu menjadi juara POPDA tingkat UPTD. Namun demikian faktor cuaca dan biaya masih menjadi penghambat jalannya pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang. (3) Penilaian pembelajaran renang di SDN Bulu Lor Semarang dilakukan setelah pertemuan pembelajaran dilakukan 3 kali baik di kelas maupun di kolam renang. Format penilaian dilakukan secara tertulis maupun praktik. Guru tidak hanya melihat aspek pengetahuan siswa yang dilihat dari kemampuan kognitifnya, namun melihak aspek afektif dan motorik atau keterampilan siswa. Tindak lanjut hasil evaluasi adalah pemberian motivasi dan latihan khusus. Latihan khsus untuk siswa yang hasilnya kurang baik ditujukan untuk agar siswa lebih terampil berenang. Untuk siswa yang hasil evaluasinya bagus mereka dipersiapan mengikuti kompetesi renang.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | renang, materi, strategi, penilaian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2013 10:13 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26398 |
Actions (login required)
View Item |