Nakhomi, Ahmad and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Memainkan Karawitan Bersama Bagi Siswa Inklusi Di Smk Negeri 8 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_.pdf Download (383kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan_.pdf Download (715kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (405kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ada tiga a) Mengetahui dan mendiskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran Memainkan Karawitan Bersama bagi Siswa Inklusi b) Mengetahui dan mendiskripsikan karakteristik aktivitas siswa inklusi dalam mengikuti pembelajaran Memainkan Karawitan Bersama c) Mengetahui dan mendiskripsikan interaksi guru dan siswa inklusi dalam pelajaran Memainkan Karawitan Bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ada tiga : (1)Karakteristik aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran Memainkan Karawitan Bersama bagi siswa inklusi, meliputi : guru melakukan identifikasi awal kondisi siswa inklusi sebagai dasar penentuan layanan akademik yang tepat,guru tidak membuat rencana pelaksanaan pembelajaran secara khusus bagi siswa inklusi, karena pembelajaran memainkan karawitan bersama melibatkan semua siswa. Guru memberikan perhatian khusus bagi siswa inklusi pada semua tahapan kegiatan pembelajaran,guru memberikan waktu tambahan 15-30 menit bagi siswa inklusi setelah pembelajaran selesai. (2)Karakteristik aktivitas siswa inklusi dalam mengikuti pembelajaran Memainkan Karawitan Bersama, meliputi : siswa inklusi low vision merekam materi-materi yang diberikan guru dengan telepon genggam untuk dipelajari, siswa low vision mengalami kesulitan dalam memainkan gamelan dengan 2 alat pemukul, siswa lamban berpikir mencatat materi-materi pada buku, siswa lamban berpikir memerlukan pengulangan-pengulangan penjelasan materi oleh guru agar dapat memahami materi. (3) Interaksi guru dan siswa inklusi dalam pelajaran Memainkan Karawitan Bersama, meliputi : interaksi guru dan siswa inklusi terjadi di awal pembelajaran, proses pembelajaran, serta jam tambahan setelah pembelajaran selesai. Guru berusaha membantu siswa low vision untuk memainkan gamelan yang menggunakan 2 alat pemukul, sedangkan untuk siswa yang lamban berpikir, guru berusaha mengulang-ulang penjelasan materi
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran memainkan karawitan bersama, inklusi |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 12:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26351 |
Actions (login required)
View Item |