Mulyono, Dwi and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Sosiologi Pada SMAN 1 Polanharjo Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (303kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pengelolaan pembelajaran sosiologi pada SMA N 1 Polanharjo, (2) karakteristik hubungan kerja para guru dalam pengelolaan pembelajaran sosiologi pada SMA N 1 Polanharjo, (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran sosiologi pada SMA N 1 Polanharjo, (4) makna pengelolaan pembelajaran sosiologi pada SMA N 1 Polanharjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis dengan melaksanakan sebuah pendekatan yang mengarahkan peneliti untuk menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan merupakan hasil dari pengamatan terhadap tulisan ataupun fenomema dalam kurun waktu tertentu, serta dalam lingkup yang sempit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik Pengelolaan Pembelajaran Sosiologi terdiri dari : perencanaan pembelajaran Sosiologi di SMA N I Polanharjo,pengorganisasian pembelajaran sosiologi di SMA N I Polanharjo, pelaksanaan pembelajaran sosiologi di SMA N I Polanharjo, pengendalian pembelajaran sosiologi di SMA N I Polanharjo. (2) Karakteristik hubungan kerja guru Sosiologi. Hubungan kerja para guru yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran sosiologi tidak hanya saja pada saat pembelajaran, akan lebih baik lagi jika dilanjutkan dengan kajian sampai tingkat pelatihan-pelatihan tertentu yang sudah pernah dibuktikan pelaksanaan dan hasilnya oleh guru. (3) Kendala-kendala dalam pembelajaran sosiologi diantaranya nilai-nilai organisasi pembelajaran sosiologi dituangkan dalam penyusunan program kegiatan pembelajaran sosiologi sesuai dengan petunjuk dan kebutuhan guru. Kendala-kendala dalam pembelajaran sosiologi diantaranya penyusunan program kegiatan pembelajaran sosiologi yang belum dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan lembaga lain yang berhubungan dengan pendidikan. (4) Makna pembelajaran sosiologi, merupakan upaya mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi. Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya..
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran, sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 12:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26350 |
Actions (login required)
View Item |