SRIYANTA, SRIYANTA (2008) STUDI TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AMANAH JUWIRING TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060087.pdf Download (193kB) |
|
PDF
G000060087.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
Dalam menghadapi berbagai persoalan hidup lebih-lebih di era globalisasi. Demikian juga untuk menjadi hamba yang sholeh secara individual, sosial, serta professional, maka anak didik dituntut untuk memiliki kematangan yang integritas dan kemampuan pribadi yang lengkap. Agar nantinya dapat menjawab tantangan zaman di atas. Untuk hal tersebut, dibutuhkan suatu proses pembelajaran yang berusaha memadukan antara kurikulum pendidikan umum dan agama, antara perkembangan potensi intelektual (fikriyah), emosional (ruhiyah) dan fisik (jasadiyah), antara sekolah, orang tua dan masyarakat. Dengan demikian, apa yang menjadi tujuan di atas diwujudkan. Model pembelajaran PAI terpadu dapat menjadi alternatif penyelenggaraan pendidikan yang mengupayakan untuk mewujudkan tujuan pendidikan di atas. Antara lain sekolah yang berusaha menerapkan pendidikan agama Islam terpadu adalah SDIT Amanah Juwiring. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh dan melakukan penelitian tentang pembelajaran PAI terpadu dengan judul “Studi terhadap Model Pembelajaran PAI Terpadu di SDIT Amanah, Juwiring, Klaten Tahun Ajaran 2007/2008”. Dengan demikian, permasalahan yang akan diangkat adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SDIT Amanah Juwiring Klaten tersebut. Terkait dengan masalah yang telah dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI terpadu di SDIT Amanah, Juwiring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Amanah yang beralamatkan di Tegalan, Bolopleret, Juwiring, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mereduksi data atau penyederhanaan data mentah yang diperoleh dari lapangan. Selanjutnya menyajikan data dari penyusunan data informasi. Dengan demikian, memungkinkan adanya penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Pertama, perencanaan pembelajaran PAI terpadu di SDIT ini terdiri dari : (a). tujuan pembelajaran berusaha mewujudkan anak didik memiliki kematangan yang integral dan kemampuan individu yang lengkap, (b). materi ajar berupaya memadukan kurikulum diknas, depag dan mulok, (c). metode belajar variatif, (d). media dan sumber belajar tidak sebatas pada sarana alat tulis dan ruang kelas, (e). waktu terjadwal dengan teratur dan tertib, (f). evaluasi dengan tes dan non tes. Kedua, pelaksanaan pembelajaran PAI terpadu, pada dasarnya sudah mengacu perencanaan yang dibuat. Hal itu terlihat ada keterpaduan dalam aspek : (a). kurikulum, diupayakan terpadu baik secara kuntitatif (porsi mata pelajaran agama seimbang dengan pelajaran umum) maupun secara kualitatif (memasukkan nilai-nilai agama pada pelajaran umum, begitu pula sebaliknya), (b). belajar mengajar, mengupayakan perkembangan ranah kognitif, afektif dan psikomotrik, terlihat metode dalam mengajar lebih menekankan metode pengalaman (experiential learning) serta media dan sumber belajar yang diperluas tidak sebatas pada sarana alat tulis dan ruang kelas semata, (c). peran serta, sekolah ini mengupayakan keterlibatan antara sekolah, orang tua dan masyarakat dalam proses pembelajaran, (d). iklim, mengupayakan lingkungan sekolah yang Islami baik dalam nilai-nilai syar’i maupun kauni, Ketiga, evaluasi, penilaian yang tidak sekedar “simbolis” atau berupa deret angka, tetapi juga karakter siswa. Dalam penilaian ada keterlibatan antara sekolah, orang tua dan masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, PAI, agama Islam terpadu, SDIT Amanah Juwiring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 13 Jun 2009 04:48 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 08:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2633 |
Actions (login required)
View Item |