Winarno, Agus (2012) Peranan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pembimbing SMP Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (321kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian: 1) mengetahui kontribusi musyawarah guru pembimbing dalam meningkatkan kompetensi guru pembimbing SMP di kabupaten Boyolali. 2) Mengetahui menejemen musyawarah guru pembimbing SMP di kabupaten Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MGP SMP kabupaten Boyolali yang beralamat di SMP Negeri 4 Boyolali jalan Merbabu No. 127 Boyolali, 57316. Subyek penelitian ini adalah: Guru pembimbing SMP sebanyak 80 orang, pengurus MGP SMP sebanyak 11 orang dan kepala sekolah berjumlah 8 orang. Metode pengumpul data meliputi: metode Angket, Observasi dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan MGP dibutuhkan guru pembimbing sebagai wadah menempa ketrampilan untuk meningkatkan profesionalitas. MGP mempunyai kontribusi besar mengupayakan peningkatan kompetensi guru. Empat kompetensi yang harus dikuasai meliputi kompetensi Profesional, Paedagogik, Sosial, dan Kepribadian. Berbagai jenis ketrampilan konseling dilatihkan dalam kegiatan MGP. Menejemen yang baik akan membawa keberhasilan MGP dalam membantu meningkatkan profesionalitas guru. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kontribusi MGP bagi peningkatan profesionalisme guru pembimbing SMP sangat besar, terbukti guru yang aktif dalam kegiatan MGP mendapatkan pengetahuan, ketrampilan yang menunjang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai guru. 2) Menejemen yang professional dalam kegiatan MGP akan memberikan hasil yang baik bagi perkembangan MGP ke depan, sehingga menejemen merupakan kunci dalam suatu organisasi
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MGP, Kompetensi Guru, Guru Pembimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 10:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2013 15:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26321 |
Actions (login required)
View Item |