Hubungan Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Kepatuhan Meminum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2013

Falupi, Karunia Niken and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2013) Hubungan Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Kepatuhan Meminum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover-intisari.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah di arteri yang persisten. Penderita hipertensi di Indonesia diperkirakan sebesar 15 juta, tetapi hanya 4% yang melakukan terapi. Kepatuhan terhadap pengobatan merupakan faktor penting dalam kesehatan lanjutan dan kesejahteraan pasien hipertensi. Pengetahuan pasien tentang hipertensi dan obat-obatan dibutuhkan dalam mencapai kepatuhan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang hipertensi dengan kepatuhan meminum obat pada pasien hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian noneksperimental dengan rancangan analisis cross sectional. Penelitian dilakukan pada 50 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah data rekam medis, kuesioner tentang pengetahuan hipertensi dan kepatuhan meminum obat. Analisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil uji korelasi Spearman didapatkan p= 0,050, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang hipertensi dengan kepatuhan meminum obat pada pasien hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Tahun 2013 dengan korelasi antara keduanya lemah r= 0,279 dan memiliki arah korelasi positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang hipertensi, kepatuhan meminum obat, RSUD Dr. Moewardi, hipertensi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Sep 2013 08:56
Last Modified: 21 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item